Perancangan Furniture untuk Kucing di Rumah Penampungan Kucing Riung Bakti II Gedebage Bandung

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada rumah penampungan kucing di Jalan Riung Bakti II, Gedebage, Bandung. Penampungan ini dikelola secara mandiri oleh yakni Bapak Andika Budi yang merupakan salah satu tokoh di Komunitas Free Hibah Kucing Bandung. Beliau merawat kucing dari tahun 2014, namun penampungan ini pun masih dalam tahap pengembangan. Selain merawat kucing liar,  rumah penampungan kucing ini juga menerima penitipan kucing peliharaan dan jasa antar kucing sakit ke vet. Total kucing liar yang diadopsi kurang lebih 40 ekor. Banyaknya kucing yang ada dalam penampungan, mengakibatkan kurangya fasilitas furniture kucing, terutama untuk duduk kucing dan tempat kucing yang sakit.

Berdasarkan survey dan hasil diskusi bersama mitra, gagasan dari tim pengabdian masyarakat Telkom University adalah membuat suatu area tempat duduk dan bermain untuk kucing serta memberikan perancangan berupa kandang yang dikhususkan untuk kucing sakit atau recovery. Tim juga memperhatikan faktor iklim supaya kondisi ruangan nyaman dan tidak panas sehingga kucing maupun pemilik menjadi nyaman didalam ruangan serta kucing yang sakit menjadi cepat sembuh.

Tim pengabdian masyarakat memberikan beberapa material untuk merakit tempat dudukan kucing yang diletakan pada lantai satu. Material ini menggunakan multipleks tebal supaya kucing dapat duduk, lompat, dan bermain disana.  Tim pengabdian juga memberikan gagasan desain untuk kandang kucing sakit yang lebih tertutup, meskipun areanya sudah di letakan pada tempat tersendiri, hal ini mencegah utuk tidak menular ke kucing yang sehat. Selain itu tim juga memberikan material berupa hebel, besi, dan semen untuk mengolah lantai dua. Material ini digunakan untuk meninggikan atap supaya lantai dua tidak panas karena mempunyai ketinggian terhadap lantai hanya 1.7 meter.

Tim pengabdian menjelaskan desain peninggian atap yang bertujuan supaya area lantai dua tidak terlalu panas karena atap yang pendek. Penambahan tinggi juga menggunakan material berongga supaya sirkulasi udara dapat lebih baik dan memberikan kenyamanan bagi kucing yang ada disana terutama pada siang hari.  Pengolahan kembali furniture kucing dan perbaikan area lantai dua menjadi hal yang urgent karena akan mengefisienkan tempat kucing sehingga kucing lebih nyaman serta dapat meningkatkan nilai bisnis dalam pengembangan penampungan kucing.

Comments are closed.