Dosen Telkom University melakukan Pelatihan pembuatan Desain Konten sebagai Pemasaran Digital Produk Food and Beverage pada UMKM Bojongsoang

Tim Dosen dari Fkultas Industri Kreatif melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bersama Komunitas Saudagar Someah yang merupakan komunitas yang salah satunya mewadahi pelaku UMKM di Kabupaten Bandung.  Tim Pengabdian Masyarakat terdiri dari Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds. sebagai ketua tim, dan beranggotakan  Hana Faza Surya Rusyda, S.T., M.Ars. dan  Dr. Didit Widiatmoko Soewardikoen, M.Sn., serta anggota mahasiswa Anggaditya Ahda dan Auwalia Rahma A.H. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Pengabdian kepada Masyarakat periode sebelumnya yang lebih berfokus pada desain dan pembuatan web UMKM untuk pemasaran digital.

Gambar 1. Pelatihan pembuatan desain konten sebagai pemasaran digital UMKM.

Pada pengabdian masyarakat ini berfokus kedalam desain konten pada produk food and beverage yang merupakan salah satu dari rangkain kegiatan kolaborasi. Dalam kegiatan ini dimulai dengan survei dan pedataan untuk menunjang pemasaran produk UMKM di kabupaten Bandung. Setelah data diperoleh, tim melakukan riset mendalam yang diperuntukan sebagai materi pelatihan pembuatan desain konten digital. Pelatihan dilakukan pada tanggal 26 November 2022. Pelaksanaan dilakukan dengan tim dosen dan mahasiswa serta mitra yang berjumlah kurang lebih 20 orang. Pelaksanaan dilakukan di Gedung Sebatik, Fakultas Industri Kreatif. Telkom University, Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Gambar2. Penjelasan materi dan pengenalan software pembuatan konten UMKM

Dimulai dengan materi tentang Digital Marketing dan dilanjutkan dengan pengenalan software Canva. Dalam melakukan pelatihan, tim dan mitra melakukan  transfer ilmu/tutorial dalam bentuk tatap muka ke Komunitas Saudagar Someah di Kecamatan Bojongsoang, Bandung khusunya pada mitra dengan usaha food and beverage. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop yang terdiri dari pelatihan penggunaan Canva dan diskusi mengenai berbagai pengetahuan dan permasalahan seputar desain media informasi menggunakan aplikasi Canva. Mitra juga mendapatkab video tutorial dan modul sebagai pedoman dalam membuat konten digital. Setelah pengenalan dilakukan, diadakan praktek yang disertai dengan pendampingan.

Gambar 3. Pendampingan secara individu pelatihan konten digital

Pendampingan dilakukan sampai para peserta bisa menghasilkan desain template Canva yang diinginkan. Pendampingan dilakukan secara individu tiap-tiap usaha food and beverage supaya didapatkan bagaimana desain produk secara khusus. Mitra aktif dalam melakukan mengerjakan desain untuk pemasaran digital. Kegiatan ini diikuti dengan tanya jawab mitra. Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan foto bersama. Hasil dari pengabdian masyarakat ini merupakan pengetahuan yang ditujukan untuk memasarkan produk terutama food and beverage berupa konten digital pada web, sosial media, dan lain lain sesuai dengan misi pada Komunitas saudagar Someah dan bermanfaat bagi masyarakat luas serta kerjasama mitra untuk kegiatan selanjutnya.

Comments are closed.