PERANCANGAN SISTEM DISPLAY PAMERAN CV. CIPTA ABADI DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING

Pengabdian Masyarakat KK INLIVE

Reza Hambali Wilman Abdulhadi, S.T., M.A. (NIP: 20830003)

Hendi Anwar, S.T., M.T. (NIP: 19850002)

Akhmadi, S.T., M.Ds. (NIP: 22930022)

Dengan adanya kebutuhan dari UKM CV. Cipta Abadi untuk mewujudkan strategi dan taktik pemasaran untuk memamerkan produksi mereka di kancah local ataupun internasional, maka dibutuhkan cara mendisplay produk dalam bentuk sistem display dan atau stand/booth serta showroom.  Adapun produk yang selama ini diproduksi oleh CV. Cipta Abadi, adalah produk interior serta dekorasinya berbasis rotan seperti cermin, storage system, kursi rotan, dan lain sebagainya.

Produksi produk CV. Cipta Abadi

Kendala yang selama ini dihadapi adalah kurangnya aloksi dana yang dimiliki oleh CV. Cipta Abadi, dalam taktik pemasaran terutama dalam kaitannya dengan pameran dan display produk yang menarik. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah solusi desain terkait dengan cara display produk, dan kaitannya dengan booth atau stand pameran dan showroom yang dapat disesuikan dengan produk yang dimiliki ataupun dengan pameran yang akan dilakukan

Solusi awal dari permasalahan yang dihadapi oleh CV. Cipta Abadi adalah dengan melakukan desain showroom yang terletak bersebelahan dengan pabrik eksisting. Tujuan dibangunnya showroom ini adalah untuk memberikan tempat yang layak bagi para calon pembeli yang didominasi oleh pembeli dari luar negeri. Dengan adanya showroom yang dimilliki diharapkan seluruh produk rotan yang dimiliki dapat dilihat secara langsung dan di set dalam ruang yang sesuai peruntukannya.

Dengan adanya kebutuhan tersebut dan berdasarkan hasil diskusi dengan para pemilik showroom, maka dibutuhkan zonasi dari showroom tersebut ke dalam beberapa area, yaitu, zonasi ruang komersial, yang terdiri dari ruang café, lounge, ruang area outdoor, serta ruang privat yang terdiri dari ruang tidur dan ruang keluarga atau ruang tamu. Keseluruhan ruang tersebut kemudian di set dengan perabotan mebel yang diproduksi oleh CV. Cipta Abadi sesuai dengan peruntukannya, sehingga dapat memperlihatkan bagaimana furniture tersebut akan terlihat dan digunakan ketika berada pada ruang yang sesungguhnya.

Selain dari atensi kepada zonasi, bentuk bangunan yang digunakan juga dibuat dengan focus kepada pensuasanaan dan penciptaan vista, penghawaan alami, serta kecepatan dalam pembangunan. Fokus kepada pensuasanaan dibutuhkan agar para calon pembeli dapat lebih lama berada di showroom sehingga dapat berkeliling berdiskusi, sembari mencoba furniture serta perabotan rotan lain yang ditawarkan.

Area Showroom furniture CV Cipta Abadi

Dalam penghawaan, pembentukan desain bangunan yang membantu kenyamanan thermal dari pengguna sehingga tidak menimbulkan kesan gerah, panas, dan tidak nyaman dilakukan dengan strategi cross ventilation. Dalam desain bangunan ini cross ventilation dilakukan dengan penggunaan material rooster (bata berlubang) sehingga pergerakan udara dapat terjadi. Pada bagian fasad kisi dan bilah kayu yang disusun vertical  memudahkan pergerakan udara dari depan ke belakang. Selain dua hal tersebut, keseluruhan kusen jendela pada bagian bawah bangunan merupakan kaca pivot sehingga dapat dibuka tutup dan memudahkan dalam pergerakan udara. Pertimbangan penghawaan yang baik dikarenakan lokasi tempat bangunan ini akan dibangun adalah kota Cirebon yang memilliki temperature udara serta kelembaban yang tinggi, sehingga pergerakan udara dalam bangunan adalah keharusan dalam penciptaan kenyamanan thermal.

Solusi kecepatan pembangunan dilakukan dengan melalui penggunaan struktur baja dan beton pada bagian tepi. Strutur baja sederhana dapat dilakukan dan dimobilisasi dengan cepat, sehingga turut berperan dalam kecepatan pembangunan.

Bentuk fasad showroom CV. Cipta Abadi
Serah terima hasil abdimas
Sumber: Dokumentasi Tim

Comments are closed.