TINGKATKAN DAYA SAING PRODUK ROTAN UKM CIPTA ABADI MELALUI PENDEKATAN DESAIN ORIGINAL

Pengabdian Masyarakat Kolaborasi INLIVE bersama DECONSTRA

Mahendra Nur Hadiansyah, S.T., M.Ds (NIP: 19860001)

Erlana Adli Wismoyo, S.Sn., M.Ds (NIP: 19900022)

M. Togar Mulya Raja, S.Ds., M.Ds (NIP: 20840001)

Berangkat dari kebutuhan mitra dengan usaha produk furniture rotan terkait daya saing produknya pada level lokal dan internasional. Di mana kebutuhan untuk pengembangan desain pada produk memiliki peran spesifik untuk meningkatkan daya saing tersebut. Dengan metode dan pendekatan desain yang tepat akan memiliki daya saing yang tinggi untuk berkompetisi di kancah lokal dan internasional.

Usaha pengembangan desain pada produk tersebut juga memiliki dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat perajin rotan yang mana perajin memiliki peran penting dalam kualitas produk yang akan diproduksi oleh produsen tersebut. Aktivitas ini juga akan memiliki peran untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat perajin dalam aktivitasnya.

CV. Cipta Abadi memproduksi dan menjual produknya berdasarkan pesanan sesuai desain yang diterima berbahan material rotan berupa furniture dan home décor. Berdasarkan hasil diskusi dengan bpk Akir Saputra selaku CEO mitra, CIpta Abadi belum memiliki desain produk mebel khas sebagai karya original dari usaha yang dijalankannya. Selama usaha beroperasional desain produk dari pesanan yang diterima tidak diperbolehkan untuk diproduksi dan diperjual belikan kembali karena tidak memiliki Hak Kekayaan Intelektual atas desain produk tersebut. Sebagai solusi pada kegiatan abdimas, tim membantu mitra dalam menghasilkan beberapa desain produk original yang mampu berdaya saing di pasar mebel rotan. Tim akan melakukan tahapan-tahapan desain mebel sesuai kaidah keilmuan yang bisa diterapkan mulai dari penggalian data kebutuhan rancangan, penyusunan konsep, gambar kerja hingga 3D visualisasi rancangan, dan evaluasi. Program ini dilaksanakan dalam empat tahap, yaitu persiapan dan pengumpulan data, proses desain, evaluasi, prosuksi gambar kerja, dan serah terima.

Demi menjaga kualitas dan estetika produk rotan, maka tim bersama mitra menyepakati bahwa alternatif solusi system dalam desain yang digunakan adalah bentuk dengan volume yang seminimal mungkin dan system bongkar pasang (knock down) yang terpecah melalui beberapa bagian produk. Konsep dan sketsa desain disusun oleh tim dosen lalu ilustrasi desain menggunakan 3D modelling dibantu oleh tim anggota mahasiswa dengan hasil sebagai berikut:

Beberapa hasil visualisasi 3D Modeling
Sumber: Dokumentasi Tim

Dalam ilustrasinya tim juga menyiapakan ilustrasi penempatan produk dalam ruang, agar terbayangkan oleh mitra bagaimana kesesuaian dan keserasian produk terhadap konsep ruang tertentu.

Beberapa hasil visualisasi ilustrasi produk dalam interior
Sumber: Dokumentasi Tim

Respon yang didapat dari masyarakat sasar/mitra dapat disimpulkan 100% masyarakat/mitra sangat setuju terhadap program pengabdian masyarakat ini telah sesuai dengan kebutuhan mitra. Mitra sangat setuju jika kerja sama program pengabdian masyarakat oleh Telkom University dengan CV. Cipta Abadi Rotan dilanjutkan di masa mendatang apalagi jika bisa bersinergi dengan kurikulum prodi Desain Interior.

Serah terima hasil abdimas
Sumber: Dokumentasi Tim

Comments are closed.