Workshop Perancangan Desain Karakter Game untuk Siswa-Siswi SMKN 15 Bandung

Saat ini dunia sedang mengalami revolusi industri 4.0 dimana teknologi berbasis komputer (digital) berkembang sangat pesat. Industri game merupakan salah satu industri dengan perkembangan yang paling pesat dalam revolusi industri saat ini. Game merupakan salah satu media yang memiliki banyak peran dan dapat menjembatani berbagai informasi atau edukasi dari desainer kepada para pemain. Game mempunyai kategori audiens dengan rentang umur yang luas. Generasi muda adalah salah satu penikmat game yang jumlahnya paling besar. Pemakaian gawai serta alat-alat pendukung lain yang semakin canggih membuat generasi muda dapat menikmati dan memainkan game secara digital baik online maupun offline.

Dalam industri game terdapat 3 divisi besar dalam proses pengembangan game yaitu divisi Game Artist, Game Designer, dan Game Production. Game artist adalah divisi yang menangani konsep visual yaitu meliputi pembuatan asset game, salah satunya memilih penggayaan visual, merancang desain karakter game, merancang desain environment/ background game, dan merancang color mood pada game. Permintaan industri terkait dengan game artist semakin tahun kian meningkat dan dapat menjadi peluang kerja yang bagus di masa depan terutama bagi siswa SMK yang memiliki peminatan dan kemampuan di bidang ilustrasi.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, siswa siswi masih dibekali pengetahuan ilustrasi secara umum, namun mereka belum mengetahui bagaimana prospek pekerjaan di industri game terutama sebagai game artist secara spesifik. Kemampuan menggambar mereka pun masih berpusat ada pembuatan original character sebagai bentuk ekspresi diri (belum sebagai problem solving dalam pembuatan game).

Berdasarkan fenomena tersebut maka fenomena ini menjadi urgent dan perlu pendampingan agar potensi pada para siswa SMK 15 Bandung di bidang ilustrasi bisa lebih terarah. Tim Pengabdian Masyarakat kami menawarkan solusi dengan mengadakan “Workshop Perancangan Desain Karakter Game untuk Siswa-Siswi SMKN 15 Bandung”. Workshop berdurasi sehari ini bertujuan untuk mengenalkan apa saja yang dibutuhkan dalam merancang desain karakter yang menarik. Luaran dari workshop ini adalah hasil perancangan desain karakter game oleh siswa siswi SMK 15 Bandung.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2022, bertempat di SMKN 15 Bandung, Jl. Jend. Gatot Subroto No.4, Desa Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pelatihan ini dihadiri oleh 17 peserta. Target sasar yaitu para siswa dan siswi SMKN 15 Bandung diminta membawa menggambar berupa kertas gambar dan pensil. Pelatihan akan dilakukan secara tatap muka langsung di lapangan untuk memudahkan komunikasi mengenai perancangan desain karakter. Saat hari pelatihan, peserta akan diberikan pengetahuan secara lisan dari tim pengabdian masyarakat dengan menggunakan media powerpoint presentation sebagai pendukung. Setelah mendapatkan materi, peserta akan didampingi oleh tim untuk melakukan praktik langsung menggambar desain karakter secara digital sesuai dengan apa yang dijadikan materi pelatihan. Praktik menggambar ini dilakukan di laboratorium komputer SMKN 15 Bandung. Dokumentasi saat pelatihan berlangsung dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Pada akhir acara, tim pengabdian masyarakat meninjau tingkat keberhasilan program ini dengan cara mengumpulkan kuisioner feedback dari peserta pelatihan. Para peserta terlihat antusias memberikan masukan dan mereka pun dapat langsung mengimplementasikan materi yang diberikan oleh tim kedalam produk desain karakter mereka. Setelah kegiatan dilaksanakan, diharapkan materi pelatihan dapat diimplementasikan dengan baik dan memotivasi siswa untuk berlatih membuat desain karakter game terutama karakter yang mengangkat tradisi lokal atau budaya.

Tim :

Angelia Lionardi, S.Sn., M.Ds.

Arief Budiman, S.Sn., M.Ds.

Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds

Comments are closed.