Pelatihan Mobile Fotografi Untuk Kebutuhan Konten Media Sosial SMP Bina Taruna Bojongsoang Kab. Bandung

Pendidikan merupakan suatu usaha terencana dalam menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat aktif mengembangkan potensi dirinya serta berbagai keterampilan yang dibutuhkan baik untuk dirinya sendiri, maupun dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menurut Samino, 2010, pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik untuk memperoleh kedewasaan baik jasmani, rohani, maupun sosial. Pendidikan diselenggarakan untuk pengembangan kemampuan peserta didik dari segi kognitif, afektif, dan juga psikomotorik. Sehingga dapat menghasilkan individu yang berkualitas dalam berbagai bidang. Pendidikan sendiri perlu mendapat perhatian, penanganan, dan prioritas secara tepat baik dari pemerintah, masyarakat, pendidik serta orang tua sehingga menjadikan individu yang bermutu dan berkualitas guna menghadapi perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat.

Dengan berkembangnya teknologi informasi dan cara berkomunikasi  yang berkembang membawa dunia pendidikan dengan cara penyampainya memasuki era baru yang lebih cepat. Perkembangan smartphone terutama untuk foto ini membawa perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, tak terkecuali juga dalam bidang Pendidikan untuk menyampaikan informasi dengan media sosial. Adanya teknologi internet sebagai sarana penghubung sangat membantu dunia pendidikan dalam proses pembelajaran, sehingga mempermudah informasi antara guru dan siswa.

Sekolah Menengah Pertama Bina Taruna merupakan sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Bina Taruna, berada di Kecamatan Bojongsoang, Bandung. SMP Bina Taruna memiliki total 21 siswa yang terbagi dalam beberapa mata pelajaran yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bahasa Sunda, Baca Tulis Al-Qur’an, Sholat Dhuha dan Hafalan Surat Pendek. Dengan jumlah 545 siswa, yang terdiri dari 207 siswa kelas 7, 116 siswa kelas 8, dan 133 siswa kelas 9. meningkatkan proses belajar mengajar. Maka pada kesempatan pengabdian pada masyarakat ini dibuatlah “Pelatihan Mobile Fotografi untuk Konten Media Sosial SMP Bina Taruna Bojongsoang Kab. Bandung“” dengan tujuan untuk memudahkan cara penyampaian cara berkomunikasi dengan media sosial dengan untuk menyebarluaskan informasi tentang pengajaran atau informasi bagi siswa dan orang tua siswa SMP Bina Taruna.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021, bertempat di ruang Multimedia SMP Bina Taruna. Pelatihan ini dihadiri oleh 22 orang guru SMP Bina Taruna dari berbagai macam mata pelajaran, oleh sebab itu materi mobile fotografi menggunakan smartphone masin masing, dengan Teknik dasar fotografi dimuali dari sudut pengambilan, pencahayaan, dan Exposure yang disampaikan pun disesuaikan dengan kebutuhan konten pada media sosial Instagram, seperti bagaimana memasukkan frame, Feeds, Live TV untuk dapat diaplikasikan pada pembuatan materi para peserta pelatihan dapat mempraktekkannya secara langsung. Selain itu juga terdapat materi yang dikemas dalam bentuk praktika dan Slide Presentasi tutorial untuk mempermudah peserta apabila ingin mempelajarinya lagi dilain waktu.

Selain partisipasi sebagai peserta pelatihan, pihak SMP Bina Taruna juga aktif berpartisipasi dalam membantu memetakan dan mengumpulkan dokumen untuk pelaporan, menyediakan tempat kegiatan, serta aktif bersama-sama merancang program kegiatan dan pengelolaan. Berdasarkan feedback yang diberikan terhadap kegiatan pelatihan dan program abdimas ini dinilai sangat baik, yaitu jumlah setuju dan sangat setuju mencapai lebih dari 80%, yaitu 99%. Sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat bekelanjutan di tahun-tahun berikutnya.

Tim :

Rully Sumarlin A.Md. S.IP.,M.D.s

Anggota:

Aria Ar Razi, S.Ds., M.Ds.

Adya Mulya Prajana, S.Ds., M.Ds.

Irham Ghani Rizki

Fathimah Marsya Azzahra

Fidella Rona Alzhaira

Naufal Budiarkan Putra