Pelatihan Pembuatan Konten Webseries Bertema Covid-19 di Kampung Seni Jelekong Kabupaten Bandung

Pariwisata budaya merupakan hal yang sangat penting di era globalisasi seperti saat ini. Masyarakat memahami arti penting dari wisata budaya, selain untuk memberi atensi terhadap perjalanan budaya, juga memenuhi rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sebuah pengalaman budaya yang sudah mereka miliki dan yang belum mereka miliki. (Yeniasır, 2018: 1)

Sebuah keinginan untuk mendapatkan pengalaman budaya secara langsung sedang terhambat dengan adanya peraturan pembatasan sosial berskala besar atau disingkat PSBB yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Hal ini bedampak besar bagi perkembangan pariwisata khususnya wisaya budaya. Banyak pegiat seni seperti tari tradisional, pementasan wayang, dan pelukis terdampak oleh fenomena ini, hal ini juga secara tidak langsung berdampak pada animo publik yang semakin menurun untuk berwisata.

Era digital saat ini memberikan kemudahan akses untuk memeroleh pengalaman baru bagi masyarakat luas melalui multimedia yang ditawarkan seperti video, game, animasi dan sebagainya. Bukan sebuah hal baru bagi individu ataupun organisasi memanfaatkan media sebagai alat untuk meningkatkan atensi masyarakat melalui informasi. Video sebagai salah satu media yang menyajikan informasi melalui audio visual sejauh ini masih diminati oleh kalangan anak-anak hingga dewasa. 

Video yang memiliki konten kreatif saat ini sedang diminati untuk mempromosikan sebuah produk ataupun jasa sebagai bentuk soft-selling karena menawarkan value ke dalam cerita di dalamnya. Upaya tersebut dapat dilakukan secara berkelanjutan melalui video webseries, dimana di setiap episodenya akan menawarkan pengalaman baru dan value yang lebih berkembang.

Kampung Seni Jelekong sebagai daerah yang memiliki kekayaan wisata seni dan budaya memiliki potensi yang tinggi untuk memanfaatkan video webseries dalam meningkatkan animo calon wisatawan dan menggerakan pegiat seni secara berkelanjutan. Namun untuk memenuhi rencana tersebut, dibutuhkan pembekalan secara materi keilmuan dan kemampuan teknis dalam membuat konten Kreatif ke dalam bentuk video webseries.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 28 November 2020, bertempat di Kp. Giriharja RT 01 / RW 01 Kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Jawa Barat. Pelatihan ini dihadiri oleh 20 peserta. mitra yang diundang pada pelatihan dalam pengabdian ini berupa pengumuman ataupun penyebaran surat. Masyarakat mitra diminta membawa peralatan berupa kamera handphone/ smartphone. Mereka akan diberikan pengetahuan secara lisan dari pengabdi dengan menggunakan media powerpoint presentation sebagai pendukung. Setelah itu peserta akan melakukan praktek sesuai dengan apa yang dijadikan materi pelatihan

..

            Keberlanjutan program setelah kegiatan dilaksanakan materi yang dipaparkan dapat diimplementasikan pada produknya, apabila terlaksana dengan baik, diharapkan lembaga yang menaungi kami (Universitas Telkom) akan membantu lebih lanjut guna mensukseskan program ini untuk masa yang akan datang. Kami mengharapkan anggota, pelaku seni dan kalangan anak muda dalam Komunitas Seni dan Budaya Desa Jelekong ini untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini yang kemudian berlanjut dengan topik lain dari Desain Komunikasi Visual Telkom University

Tim :

Mario M.Ds

Dr. Riksa Belasunda Drs.,S.T.,M.Ds

Nina N Ningrum S.Pd., S.Pd., M.Pd.

Galuh Putri Rama Dhonny Rahma

Khairunnisa Fiardi