Penyuluhan Gaya Hidup Hijau untuk Murid dan Guru SMAN 3 Tasikmalaya

Pengabdian masyarakat kali ini berupa penyuluhan yang diadakan secara daring di SMA Negeri 3 Tasikmalaya.  Dalam pengenalan Green Lifestyle ini harusnya sudah di edukasi sedini mungkin salah satunya untuk anak-anak SMA. Oleh karena itu adanya kegiatan penyuluhan di sekolah negeri sebagai pengabdian masyarakat, maka akan mengenalkan gaya hidup hijau serta upaya apa saja yang harus dilakukan dalam menjaga lingkungan dan mencegah krisis iklilm. Dengan memperkenalkan gaya hidup hijau pada SMA N di Tasik ini sangat baik. Hal ini karena Permasalahan krisis iklim sudah semakin menghawatirkan. Siswa maupun guru dapat langsung menerapkan gaya hidup yang dapat menyelamatkan lingkungan.

Krisis iklim mengakibatkan terjadinya bencana yang dapat berdampak bagi kehidupan manusia. Fenomena dapat dilihat beberapa bulan lalu, yakni terjadi bencana banjir, polusi udara dimana-mana, gagal panen, dan beberapa penyakit yang tiba-tiba muncul yang terjadi disekitar. Jika mengabaikan hal ini, maka bencana atau dampak ini akan menjadi semakin besar. Permasalahan kompleks ini seharusnya diatasi dengan dapat diatasi dengan teknologi terbarukan. Namun sebelum menggunakan hal tersebut, perlu dimulai dari mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup hijau.

Dengan adanya penyuluhan mengenai gaya hidup hijau ini terdapat banyak hal yang dapat diterapkan. Hal ini akan berdapak pada penyelamatan lingkungan yang terkait dengan krisis iklim. Gaya hidup yang sebelumnya impulsifterhadap energi, akan direduksi dengan gaya hidup yang lebih hemat.

Tim:

Agustinus Nur Arief Hapsoro, S.T., M.T.

Maysitha Fitri Az Zahra, S.Ds., M.Ds.

Hana Faza Surya Rusyda, S.T., M.Ars.

Intan Putri Suwito

Nadhimatul Hanifah

Syinni Chintiana Annur