Pelatihan Pembuatan Video Produk 360 untuk UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung

Pengabdian pada Masyarakat

 

Pelatihan Pembuatan Video Produk 360 untuk UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung

       

Dewasa ini, foto ataupun video sudah menjadi bentuk media mainstream yang dipakai untuk kebutuhan promosi sebuah produk, karena dapat memberikan informasi terkait dengan produk yang akan di jual secara online. Penjualan produk secara online sudah menjadi kebiasaan baru bagi sebagian masyarakat di Indonesia, terbukti dengan banyaknya pilihan took online sebagai penyedia wadah bagi siapa saja yang ingin menjadi penjual suatu produk secara online.

Permasalahan yang sering terjadi adalah, kesalahpahaman antara penjual dan pembeli ketika pembeli sudah membeli barang yang didapat secara online, namun barang yang diterima tidak sesuai dengan apa yang mereka lihat dari foto ataupun video produk tersebut. Jika ditinjau kembali, fenomena tersebut dikarenakan penjual tidak mendapatkan informasi yang lebih detail terkait produk yang mereka inginkan, karena sangat berbeda jika pembeli datang langsung ke toko dan melihat langsung produk tersebut dari berbagai sisi, sebuah foto produk kurang dapat melakukan hal tersebut.

Namun dengan adanya video 360, produk yang dijual secara online, dapat ditampilkan secara keseluruhan dengan menampilkan setiap sisinya. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan informasi yang diterima oleh pembeli, dan penjual tidak akan mendapatkan respon buruk terkait dari produk yang dijualnya. Dengan begitu UKM yang ingin menjual baranganya di toko online dapat menerapkan Teknik tersebut, karena disamping manfaatnya yang cukup besar juga memberikan pengalaman menarik bagi pembeli yang ingin membeli barang tersebut.

Salah satu anggota UMKM Binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung, bergerak dalam jasa fotografi adalah Lensa Pangalengan. Dengan menambahkan wawasan dan keterampilan terkait dengan video 360 dapat meningkatkan daya saing dalam kategori pembuatan konten promosi produk. Melihat adanya potensi ini, maka dibuatlah “Pelatihan Pembuatan Video Produk 360 untuk UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung” dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam pembuatan konten romosi produk dalam bentuk video 360..

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2020, bertempat di ruang Laboratorium Fakultas Industri Kreatif Universitas telkom. Pelatihan ini dihadiri oleh 10 mitra pelaku UKM dari Lensa Pangalengan. Mitra akan diundang pada pelatihan dalam pengabdian ini berupa pengumuman ataupun penyebaran surat. Masyarakat mitra diminta membawa peralatan berupa smartphone sebagai alat yang dapat mereka gunakan untuk pelatihan. Mereka akan diberikan pengetahuan secara lisan dari pengabdi dengan menggunakan media powerpoint presentation sebagai pendukung. Setelah itu peserta akan melakukan praktek sesuai dengan apa yang dijadikan materi pelatihan.

Keberlanjutan program setelah kegiatan dilaksanakan materi yang dipaparkan dapat diimplementasikan pada produknya, apabila terlaksana dengan baik, diharapkan lembaga yang menaungi kami (Universitas Telkom) akan membantu lebih lanjut guna mensukseskan program ini untuk masa yang akan datang. Kami mengharapkan anggota, pelaku usaha dan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini yang kemudian berlanjut dengan topik lain dari Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom

 

 

Tim :

 

Anggar Erdhina Adi S.Sn.,M.Ds.

Mario S.Ds.,,M.Ds

Abdi Fanny Geraldi

Fadiah Idzni Ilyas