Dosen Desain Interior Memberikan Penyuluhan dan Konsultasi Terkait Penataan Ruang Interior Rumah Tipe 45

Galuh Damayanti | Desain Interior FIK Telkom University

Kegiatan yang dilakukan pada bulan Desember 2021, oleh tim Dosen Fakultas Industri Kreatif Prodi Desain Interior mengadakan Penyuluhan dengan judul “Penyuluhan dan Konsultasi Penataan Ruang Interior Rumah Tipe 45 Perumahan Ciganitri yang Terkait dengan Kesehatan dan Kenyamanan Penghuni”. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pengabdian masyarakat sebelumnya. Penyuluhan ini merupakan salah satu rangkaian Program Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh tim Abdimas yang beranggotakan Hana Faza Surya Rusyda S.T., M.Ars., Setiamurti Rahardjo, S.T., M.T, Akhmadi, S.T., M.Ds., dan, serta tim mahasiswa yang terdiri dari Terinza dan Galuh Damayanti.

Penyuluhan dan Konsultasi dilaksanakan secara langsung yang melibatkan warga penduduk yang tinggal  pada Blok C degan tipe rumah 45 Perumahan Pesona Ciganitri, Bandung, Jawa Barat. Perumahan yang berada pada blok ini memiliki luasan 45 meter persegi dengan beberapa rumah yang sudah direnovasi. Permasalahan yang dialami pada warga adalah penataan interior rumah. Dimana penataan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas warga sehingga ruang interior yang digunakan dapat memberikan kenyamanan dan kesehatan penghuni.

Dengan adanya kegiatan penyuluhan dan konsultasi secara langsung kepada warga blok C, tim dosen memberikan solusi terkait penataan ruang dengan mempertimbangkan kesehatan jangka panjang. Beberapa penerapan penataan terhadap interior rumah yang diberikan secara langsung dengan memberikan batasan-batasan ruang, memanfaatkan area atas sebagai penyimpanan secara vertical, memindahkan atau mengolah kembai barang-barang yang tidak perlu, dan menyatukan barang sesuai dengan kegunaannya dan kegiatannya. Cara-cara seperti ini dapat dilakukan untuk mendapatkan ruang yang sehat dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Jika penghuni tetap ingin menyimpan barang yang banyak tersebut harus memperhatikan prinsip Kesehatan seperti anjuran dalam teori desain keberlanjutan. Barang yang tidak sering dibersihkan akan memberikan dampak bagi kesehatan karena banyak debu, bakteri, virus, jamur, dan hama yang menempel pada barang tersebut. Penyuluhan yang dilakukan dari satu rumah ke rumah lainnya memberikan arahan warga untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan sehat.  Output yang diharapkan dari penyuluhan dengan visitasi studi kasus langsung oleh tim abdimas memberikan pandangan dan arahan agar warga yang tinggal di rumah kecil dapat mengelola interior rumah tinggalnya sendiri untuk mendapatkan kenyamanan dan kesehatannya masing-masing penghuni.

Tim :

  • Hana Faza Surya Rusyda
  • Setiamurti Rahardjo
  • Akhmadi
  • Terinza
  • Galuh Damayanti