Eksplorasi Desain Pagar pada Penampungan Kucing Komunitas Free Hibah Kucing Bandung (FHKB)

Pengabdian masyarakat kali ini berlokasikan di daerah Ligarwangi, Bandung.  Penampungan kucing ini merupakan salah satu penampungan yang dikelola oleh Komunitas Free Hibah Kucing/FHKB. Pada komunitas ini terdapat beberapa jejaring penampungan hewan yang dikelola secara mandiri. Beberapa anggota komunitas FHKB menjadikan rumahnya sebagai tempat penampungan hewan. Sayangnya fasilitas untuk menampung kucing ini jauh di bawah standar. Hal ini diperparah oleh kesulitan finansial akibat dari pandemi Covid19 yang tak kunjung usai. Kondisi area tempat tinggal kucing seringkali menimbulkan permasalahan seperti aspek kebersihan dan perebutan territorial dikarenakan area yang sempit.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kelanjutan dari pengabdian masyarakat sebelumnya dengan judul “Eksplorasi Material pada Desain Kandang Kucing Berbasis DIY (Do it Yourself) di Komunitas Free Hibah Kucing Bandung”. Semenjak setelah pelaksanaan pengabdian tersebut, kami mendapat banyak masukan dari pihak mitra dan komunitas kucing lainnya. Salah satu faktor terpenting yang terkait dengan penataan ruang pada lokasi penampungan adalah keamanan. Faktor keamanan, terhubung dengan aspek sirkulasi, terutama pada area luar. Secara ruang, lokasi penampungan memiliki area luar yang cukup luas. Kucing-kucing seringkali melakukan aktivitas bersama para sukarelawan di area halaman. Area halaman ini juga sering digunakan untuk keperluan rapat bersama, atau terkadang bisa digunakan untuk baksos steril. Untuk itu, dengan adanya pagar diharap mempermudah pemantauan kucing-kucing, dan secara tidak langsung melatih mereka untuk bisa tinggal di zona teritori mereka. Mengingat kucing adalah binatang yang sangat territorial, pengembangan rancangan area luar, mampu membuat area menjadi lebih nyaman untuk hewan-hewan. Sehingga, diharap mampu meminimalisir adanya hewan liar masuk, ataupun kucing penampungan yang pergi ke area tetangga

Berdasarkan permasalahan di atas, penulis bermaksud merancang fasilitas pagar halaman untuk area outdoor tempat penampungan kucing. Kali ini, fasilitas pagar yang akan dibuat disesuaikan dengan kondisi lokasi setempat. Hal ini cukup penting dilakukan, karena sebelumnya sering terjadi kasus kucing hilang atau kabur. Untuk itu, pengadaan pagar menjadi suatu urgensi dalam hal penataan ruang lokasi penampungan. Gagasan desain pagar yang akan diajukan pada pengabdian masyarakat kali ini, diharapkan mampu membuat lokasi penampungan lebih aman dan terkendali dari hal akses dan sirkulasi binatang dan staff/sukarelawan.  

Tim:

  • Dea Aulia Widyaevan, S.T., M.Sn.
  • Agustinus Nur Arief Hapsoro, S.T., M.T.
  • Iqbal Prabawa Wiguna, S.Sn, M.Sn.
  • Putridana Akmalia
  • Neneng Awaliah
  • Gilang Kyang Santang