Pengenalan Industri Game untuk Siswa-Siswi SMKN 15 Bandung

Di era dengan segala kemajuan teknologi seperti sekarang ini, industri game merupakan salah satu industri dengan perkembangan yang paling pesat. Game merupakan salah satu media yang pada zaman ini memiliki banyak sekali peran dalam menjembatani berbagai informasi atau edukasi. Game mempunyai kategori audiens dengan rentang umur yang luas. Generasi muda adalah salah satu penikmat game yang jumlahnya paling besar. Pemakaian gawai serta alat-alat pendukung lain kian canggih sehingga generasi muda dapat menikmati dan memainkan game secara digital maupun online. Para pelaku industri game di tanah air pun sudah mampu bersaing dengan pasar dunia. Studio-studio game di Indonesia banyak memiliki sumber daya manusia yang berprospek dalam kemajuan game lokal di masa mendatang.

Berdasarkan fenomena tersebut serta melihat adanya potensi pada para siswa SMK 15 Bandung di bidang game, tim Pengabdian Masyarakat kami akan mengadakan “Pengenalan Industri Game untuk Siswa-Siswi SMKN 15 Bandung” dengan tujuan untuk mengenalkan potensi industri game khususnya di daerah Bandung kepada para siswa jurusan multimedia.

Siswa-siswi SMKN 15 Bandung adalah bagian dari generasi muda yang tidak terkecuali untuk mendapatkan wawasan mengenai industri game yang sekarang sedang berjalan. Pengenalan pada industri game menjadi salah satu cara untuk menyiapkan mereka ke depannya, baik secara wawasan maupun informasi-informasi terkait tentang kemajuan teknologi dalam game atau perihal lapangan kerja dalam bidang yang serupa.

Sekolah kejuruan memiliki potensi besar bagi para siswa-siswinya untuk lebih cepat dan siap dalam terjun ke dunia kerja. Dalam hal ini, multimedia dan game yang merupakan media paling populer di kalangan generasi muda dan perindustriannya yang selalu bergerak dengan cepat bersamaan dengan kemajuan teknologi. Dibutuhkannya pengenalan industri game sebelum siswa-siswi berkecimpung di industri tersebut.

Melihat kondisi tersebut maka pengenalan industri game dilihat dari sisi pelaku yang sudah banyak memiliki pengetahuan tentang hal yang bersangkutan diperlukan untuk memberi gambaran kepada siswa-siswi SMKN 15 Bandung yang berminat untuk terjun ke industri yang disebutkan dan pengkategorian permasalahan ini menjadi urgent.

Proses Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru dan Murid di SDN Sindangsari Bandung” dilakukan secara daring pada tanggal 26 April 2021 secara daring dan dihadiri oleh 148 peserta.

Keberlanjutan program setelah kegiatan dilaksanakan, diharapkan materi pelatihan dapat diimplementasikan dengan baik dan memotivasi siswa untuk berlatih membuat game terutama game-game yang mengangkat tradisi lokal atau budaya. Apabila terlaksana dengan baik, diharapkan lembaga yang menaungi kami (Universitas Telkom) dapat membantu mensukseskan kelanjutan program ini untuk masa yang akan datang. Kami mengharapkan seluruh pengajar dan instansi terkait di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 15 Bandung untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini yang kemudian berlanjut dengan topik lain dari Desain Komunikasi Visual, Universitas Telkom.

Tim :

Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds.

Arief Budiman, S.Sn., M.Ds.

Angelia Lionardi, S.Sn., M.Ds.

Jasmin Nura Safira