Pelatihan Pembelajaran Online Untuk Guru dan Staf Yayasan AN-NUR

Oleh Nina Nursetia Ningrum, Irfan Dwi Rahadianto dan Apsari Pamela Wibawa

Pada masa pandemi ini, proses belajar mengajar terganggu, mulai dari Perguruan Tinggi hingga Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD AN-NUR merupakan salah satu Yayasan Pendidikan Anak Usia Dini yang terkena dampaknya, dimana proses belajar mengajarnya terganggu karena kedua belah pihak meliputi guru dan siswa/i tidak dapat menghadiri kelas. Lokasi Yayasan PAUD AN-NUR berlokasi di Jl. Maleber Utara, Gg Bakti IV RT 05, RW 08, No. 398, Kec. Andir, Bandung. Guru dan Staf An-Nur memiliki kemampuan teknologi yang kurang dalam mendukung pembelajaran online, selain itu fasilitas yang dimiliki juga belum dapat mendukung pembelajaran online seperti tidak adanya laptop atau komputer yang memiliki webcam.

Maka dari itu, 1 April 2021 lalu, tim dosen Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, prodi DKV, gabungan kelompok keahlian ACTIES, DECONSTRA dan MEDCRAFT, melaksanakan abdimas di Yayasan Paud AN-NUR Maleber. Tim ini memberikan materi dan pelatihan pembelajaran online kepada guru dan staf PAUD AN-NUR. Selain itu tim ini menghibahkan laptop agar pelaksanaan pembelajaran online dapat dilakukan.

Tim ini beranggotakan Nina Nursetia Ningrum (Ketua), Irfan Dwi Rahadianto dan Apsari Pamela Wibawa. Sementara peserta yang mengikuti adalah Nining Rohayati (Kepala Sekolah), Lilis Suryani, Ani Sumarni, Aat Hasipah dan Susi Sopia (Guru & Staf). Sebelumnya telah dilakukan survei mengenai kebutuhan mitra. Irfan Dwi Rahadianto & Apsari Pamela Wibawa telah mempersiapkan materi pelatihan yang akan diberikan kepada guru dan staf An-Nur.

Setelah ketua pelaksana abdimas memaparkan maksud dan tujuan dari kegiatan ini, tim dosen memulai pelatihan pembelajaran online dari pembuatan email hingga melakukan meeting online melalui google meet menggunakan laptop yang telah dihibahkan.

Respon mitra sangat positif dimana guru dan staf dapat memulai melakukan pembelajaran online, sehingga proses belajar mengajar dapat berlanjut. Seluruh peserta sangat antusias dalam pelatihan, keingin tahuan peserta dalam pembelajaran online melalui google meet sangat tinggi. Harapan mereka akan ada lagi pelatihan dan kerjasama dari para dosen Tel-U yang memiliki manfaat nyata seperti ini.

Tim :

Nina Nursetia Ningrum., M.Pd.

Irfan Dwi Rahadianto., M.Ds.

Apsari Wiba Pamela., M.Ds.

Raihan Nagar Rinaldi

Rojesh Mangaraja Soalohon Nasution