Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Web dalam Menunjang Pembelajaran Online

 

 

Pandemi Covid, membawa pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan, dengan cara pembelajaran yang baru secara online dimana itu semua membutukan aplikasi untuk penyamaian materi yang mempemudah guru dan murid dalam melakukan pengajaran secara daring. Pada satu sisi pendidikan harus terus berjalan, akan tetapi di sisi lain masyarakat juga diharuskan menjaga jarak untuk mengurangi penyebaran Covid itu sendiri. Oleh sebab itu, pemerintah melakukan beberapa upaya untuk menghadapi permasalahan tersebut yaitu pelaksaaan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan sistem online atau sistem dalam jaringan (daring). Sistem pembelajaran tersebut dilakukan tanpa tatap muka melainkan siswa dapat melakukan pembelajaran jarak jauh. Pada akhirnya banyak sarana yang diterapkan dalam sistem pembelajaran seperti google meet, zoom, maupun whatsapp. Sehingga hal ini membuat materi pembelajaran yang biasanya disampaikan di depan kelas, kini materi tersebut harus dikemas dalam bentuk file yang dapat disebarluaskan secara digital, salah satunya yaitu dengan menggunakan software PowerPoint. Namun hal ini masih menjadi kendala bagi beberapa pengajar, sehingga sangat diperlukan pelatihan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran daring.

Salah satu sekolah di sekitar Telkom University yang juga mengalami permasalahan serupa yaitu SMP Bina Taruna. Pembelajaran yang berubah menjadi sistem daring, membuat para pengajar dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi. Melihat adanya potensi dari para guru SMP Bina Taruna dalam meningkatkan proses belajar mengajar. Maka pada kesempatan pengabdian pada masyarakat ini dibuatlah “Pelatihan Pengalaman Pengguna Dan Pengenalan Tampilan Serta  Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Web  Dalam Menunjang Pembelajaran Online, Guru SMP Bina Taruna Bojongsoang Kab. Bandung“” dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang efektif melalui media daring disaat pengajar dan siswa tidak dapat bertemu secara tatap muka karena pandemi Covid.

 

 

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 4 November 2020, bertempat di ruang Multimedia SMP Bina Taruna. Pelatihan ini dihadiri oleh 20 orang guru SMP Bina Taruna dari berbagai macam mata pelajaran, oleh sebab itu materi aplikasi berbasikan webbased yang disampaikan pun disesuaikan dengan kebutuhan, seperti bagaimana memasukkan rumus untuk dapat diaplikasikan pada pembuatan materi pelajaran matematika, dan lain sebagainya. Materi pelatihan diberikan secara langsung sehingga para peserta pelatihan dapat mempraktekkannya secara langsung. Selain itu juga terdapat materi yang dikemas dalam bentuk video tutorial untuk mempermudah peserta apabila ingin mempelajarinya lagi dilain waktu.

Selain partisipasi sebagai peserta pelatihan, pihak SMP Bina Taruna juga aktif berpartisipasi dalam membantu memetakan dan mengumpulkan dokumen untuk pelaporan, menyediakan tempat kegiatan, serta aktif bersama-sama merancang program kegiatan dan pengelolaan. Berdasarkan feedback yang diberikan terhadap kegiatan pelatihan dan program abdimas ini dinilai sangat baik, yaitu jumlah setuju dan sangat setuju mencapai lebih dari 80%, yaitu 99%. Sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat bekelanjutan di tahun-tahun berikutnya.

 

Tim :

 

Rully Sumarlin S.IP.,M.D.s

Anggota:

Anggar Erdhina Adi, S.Sn.,M.Ds.

Zaini ramdhan, S.Sn.,M.Ds.

Wiza Mellisa Hastin

Sarah Nur Shadrina